Sunday 19 May 2013

Surga Itu Bernama "KERINCI"

Habis pulang dari Jogja kemarin memang aku sudah menargetkan jikalau pulang kampung lagi ke Curup, aku akan gowes lagi, dengan jalur yang berbeda yaitu lewat kerinci. Aku memilih jalur kerinci karena dua jalur lainnya sudah aku coba dan juga aku punya target tersendiri untuk menembus jalan masuk ke propinsi Sumatera Barat dari segala arah. Salah satunya jalur kerinci, menembus propinsi Sumatera Barat dari arah Sungai Penuh.

Perjalanan lima hari dari Padang untuk sampai ke Sungai Penuh. Jalan menanjak sampai di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut dengan jarah tempuh rata-rata lebih dari 15 km dan menurun dengan jarak tempuh lebih dari 20 km, dan begitulah siklusnya sampai dengan jarak 283 km.

Sepanjang perjalanan memang banyak sekali yang dilihat. Mulai dari pemandangan alam panorama Sitinjau laut, Kebun teh Alahan Panjang, Danau Atas, Pemandangan alam lainnnya, Rumah Gadang yang masih Alami, Sawah, dan sebagainya.

butuh perjuangan berat untuk sampai ke Kerinci. mulai dari tanjakan sitinjau sangat-sangat berat yang seperti tanpa ujung, turunan curam dan jalan yang berlubang dengan kerikil berserakan, debu dan asap kendaraan yang berlalu lalang, jalanan sempit, dan beberapa kali sempat dikejar anjing.

Tapi semua itu terobati dengan pemandangan alam yang sangat indah ketika masuk ke kabupaten Kerinci. semua pasti akan terobati. Pemandangan alam yang masih alami, orang-orang yang ramah, gadis-gadis yang cantik dengan ciri khasnya, hilanglah semua rasa penat selama perjalanan lima hari sepanjang 283 km dari kota Padang kemarin.

Tak semua tempat sempat aku jamah di kerinci, karena memang butuh waktu banyak untuk menjamah semua tempat indah yang belum terbayang sebelumnya. Sebelumnya yang aku ketahui di kerinci hanyalah Gunung Kerinci dan Danau Kerinci. Tapi bukan hanya itu saja, banyak tempat-tempat lain yang begitu indahnya, sehingga membuatku lupa bahwa sudah empat hari aku berada di kerinci.

Beberapa tempat yang aku ketahui adalah :
- Air Terjun Telun Berasap
- Kebun Teh Kayu Aro
- Gunung Kerinci
- Gunung Tujuh
- Danau Gunung Tujuh
- Air Panas Semurup
- Danau Kaco
- Bukit Sentiong
- Bukit Kayangan
- Danau Kerinci

Dan masih banyak lagi yang namanya aku tidak hapal. Dan dari beberapa yang aku sebutkan di atas, hanya beberapa saja yang sempat aku jamahi.

Berikut foto-foto yang sempat aku rekam dengan kamera hanphone ku dan kamera pinjaman dari seseorang yang baru aku kenal di Sungai Penuh :

- Air Terjun Telun Berasap
Terletak di perbatasan antara Sumatera Barat dan Kabupaten Kerinci. Sangat dekat dengan jalan. Hanya beberapa puluh meter dari pinggir jalan. Untuk melihatnya kita hanya turun beberapa ratus anak tangga.

Air Terjun

gerbang masuk


- Kebun Teh Kayu Aro dan Gunung Kerinci














- Air Panas Semurup
Salah satu titik air panas di Semurup
Pemandangan Gunung Kerinci dari kejauhan.
- Bukit Kayangan
Dari atas bukit ini kita bisa melihat indahnya pemandangan pegunungan, danau dan gunung kerinci dari atas ketinggian hampir 1500 mdpl.

Panoramic Gunung dan danau kerinci dari Bukit Kayangan
Tulisan Bukit Kayangan dengan Incung (tulisan asli kerinci)
Danau Kerinci dari Bukit Kayangan
Gunung Kerinci dari Bukit Kayangan
- Danau Kerinci










- Dusun Baru
Biasanya tempat ini digunakan untuk menikmati pemandangan saat sore hari sambil menikmati jajanan yang tersedia di sepanjang jalan

Jembatan Dusun Baru ketika Lengang

Sawah dari atas jembatan
saat matahari terbenam

Beberapa foto lain di kerinci :

Masjid Agung Sungai Penuh
Gerbang masuk Sungai Penuh
Gunung Kerinci Pagi hari dari perbatasan Jambi Sumbar


Seperti kata orang, untuk masuk surga itu tidaklah mudah. begitu juga dengan surga Alam Kerinci. Tidak mudah untuk menuju kesini. jalan kecil dan berlubang menjadi pemandangan sepanjang. Yang terparah adalah jalan akses masuk dari Tapan Pesisir Selatan Sumatera barat. 20 km jalan yang bisa aku katakan bukanlah jalan lagi karena kondisinya memang tidak berbentuk jalan lagi.
Jalan menuju Surga Kerinci

Jalan Longsor


untuk foto lainnya lihat ke facebook ku..

jika ada yang terdampar di Sungai Penuh, atau ingin membeli oleh-oleh khas kerinci atau sekedar pengen mengetahui informasi tentang kerinci bisa menghubungi Kerinci Merch. CP Jamie 085266101043 atau 085764084811.


Atau jika terdampar di Kayu Aro dan berminat untuk naik ke Gunung Kerinci dan butuh penginapan bisa langsung datang ke Home Stay Paiman. Letaknya tidak jauh dari simpang macan. CP Tika 085377714011 atau facebooknya Tika
 

6 comments:

Unknown said...

Keren bro.. (y)

Unknown said...

asli keren om..

Unknown said...

indonesiaku,,
surgamu ada dimana-mana...
keren bang,,
kapan-kapan ikut ya....

Unknown said...

boleh nov..
silahkan ikut..
kalo mau kesana juga sendiri bisa nov..
kontak yg di bawah mungkin siap membantu nov..

Anggri Yulio said...

Bro, kalo boleh tau ciri khas cewek2 kerinci nya gimana ??? Hwehehehe :D

Unknown said...

Hehe
Kalo yg ane perhatikan kmaren cwenya rada2 mrip-mrip cwe chinesse bro.matanya sipit-sipit gtu,
Hehe