Friday 31 May 2013

Attribute Changer, Selamatkan file yang disembunyikan Virus

Sering terjadi kepada kita ketika pulang dari warnet pas nyampe rumah flash disk yang pertamanya berisi kemudian tiba-tiba tak nampak file dan foldernya ketika antivirus di komputer atau laptop dirumah mendeteksi dan membersihkannya. Kebanyakan orang bilang file dan foldernya dimakan virus dan dihapus oleh antivirus. Bisa jadi iya dan bisa jadi juga tidak. Tapi bisa kita cek terlebih dahulu.

Bagaimana caranya?apakah file di dalamnya masih bisa terselamatkan? Mari kita cek dahulu.

1. Langkah pertamanya adalah mengecek apakah flashdisk kita masih berisi atau tidak dengan cara mengklik kanan di Explorer di drive dimana flashdisk kita ditancapkan.


2. Jika isi flashdisk masih ada, berarti ada harapan data yang ada di dalamnya masih bisa diselamatkan.


3. Jika seperti gambar di atas, berarti flashdisk anda masih ada isinya. Dan langkah selanjutnya adalah menginstal Attribute Changer. Tinggal klik 2x installernya dan next sampai finish. Jika sudah langkah berikutnya adalah dengan memunculkan file yang terhidden (tersuruk) di dalam flashdisk dengan cara mengklik Organize pada toolbar Windows Explorer yang terletak di sudut kiri atas Windows Eksplorer kemudian pilih Folder and search options.


4. klik folder and search options maka akan keluar dialog box dan klik tab "view", kemudian klik "show hidden files, folders, and drives". Gunakan skrol untuk menggerakkan kebawah sedikit dan hilangkan tanda centang di "Hide protected operating system files (Recommended)".


5. Jika sudah, pilih drive dimana flashdisk anda di tancapkan. Jika file masih ada disembunyikan, maka akan terlihat file dan folder dengan warna kabur-kabur disana. Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan software Attribute Changer yang kita instal tadi, yaitu dengan cara mengklik kanan folder atau file yang berwarna kabur tadi dan pilih "Change Attributes..", setelah itu maka akan keluar dialog box dan kita tinggal menhilangkan tanda centang di "Read Only", "System", "Hidden", dan "Archive" pada tab "Folder Properties" dan pada tab "File Properties". Kemudian tinggal klik "Apply" dan "OK".


Dan hasilnya sekarang folder dan file yang warnanya kabur tadi sekarang sudah menjadi seperti folder dan file laiinya. Itu tandanya data anda sudah tidak terhidden (tersuruk lagi).

6. Langkah terakhirnya adalah anda membalikkan ke 4 tadi, sehingga file system yang nampak tadi tersembunyikan lagi agar tidak dirubah dan mengganggu sistem windows.

Untuk mendownload silahkan di sini

No comments: